Menu Buka Puasa yang Nikmat dan Menyegarkan




Bicara mengenai menu buka puasa, hal yang pertama kali terlintas di pikiran kita adalah minuman dingin yang menyegarkan. Minuman dingin seolah menjadi menu yang harus disediakan sebagai hidangan pembuka saat buka puasa. Kenapa? Karena minuman dingin dinilai bisa melegakan tenggorokan dan bisa membuat tubuh segar kembali.
Daftar minuman segar di bawah ini bisa menjadi takjil untuk membatalkan puasa. Kamu bisa membuatnya sendiri, atau jika kesulitan kamu pun bisa membeli di sekitar tempat tinggalmu. Kamu tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat yang menjual minuman segar berikut ini:

Sop Buah

Siapkan minimal 5 jenis buah misalnya melon, strawberry, pepaya, alpukat, semangka. Kamu masih bisa menambahkan buah lainnya sesuai selera kamu. Potong buah tersebut menjadi lebih kecil.
Siapkan air matang, susu kental manis, sirup rasa stroberi. Campurkan semua bahan tersebut ke dalam susu dan sajikan dengan es batu. Sop buah pun siap dinikmati.
menu buka puasa (2)

Es Cendol

Minuman ini juga menjadi salah satu minuman favorit saat berbuka puasa. Penjual es cendol dadakan mudah kamu temui di jalanan, menjelang waktu buka puasa. Cendol atau dawet sendiri terbuat dari tepung beras, hunkwe dan diberi sedikit pewarna.
Kemudian untuk kuahnya sendiri biasanya berasal dari santan dan air rebusan daun pandan. Agar es cendol lebih manis, kamu bisa menambahkan gula merah cair sesuai selera.

es-cendol-elizabeth
source: resepraktis.com

Es Kacang Hijau

Siapa yang suka es kacang hijau? Selain menyegarkan, minuman ini juga menyehatkan. Kacang hijau mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, seperti vitamin A, Zat Krotenoid, Mineral, vitamin B6 dan yang lainnya.
Proses pembuatannya pun mudah. Rendam kacang hijau mentah ke dalam air hangat hingga mengembang. Kemudian buat kuah yang terbuat dari menu buka puasa.

kacang hijau-2
source: idememasak.com

Kolak Pisang

Minuman yang satu ini sangat Indonesia sekali ya? Jika selama ini kamu membeli minuman ini di jalan, tak ada salahnya jika kamu mulai mencoba membuatnya karena sangat mudah prosesnya.
Siapkan pisang kepok dan ubi kuning untuk isi kolak. Untuk kuahnya, siapkan air, santan, tepung maizena dan gula merah. Campurkan bahan tersebut, rebus hingga mendidih. Kolak pisang bisa kamu nikmati baik dalam keadaan masih hangat atau sudah dingin.

kolakpisang1
source: resepkoki.co

Jus

Minuman jus mungkin sudah sering kamu konsumsi. Kamu sendiri pasti sudah pernah merasakan kesegaran dari minuman jus ini. Bisa kamu bayangkan betapa segarnya ketika minum  jus setelah menahan lapar dan dahaga seharian. Selain menyegarkan, jus juga memiliki manfaat yang berbeda-beda sesuai dengan buah yang digunakan sebagai bahan dasar jus tersebut.
menu buka puasa (3)
Selain 5 minuman segar di atas, masih banyak minuman segar lainnya yang belum kami sebutkan. Yang perlu kamu ketahui adalah jangan langsung menghilangkan dahaga dengan air es, karena bisa menyebabkan kontraksi pada lambung. Buka dengan minum air hangat untuk menstabilkan lambung yang kosong selama menjalanka puasa. Setelah lima sampai sepuluh menit, silahkan minum minuman dingin yang menyegarkan seperti contoh di atas.

Tukeraja

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar