Olahraga Saat Puasa Agar Tetap Fit Sepanjang Hari




Bulan Ramadan tinggal beberapa hari lagi, apakah kamu sudah mempersiapkannya? Satu hal yang harus kamu persiapkan dari sekarang adalah kondisi badan yang tetap fit dan segar.
Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak berolahraga lho. Justru pada saat puasa ini kamu harus tetap mengusahakan agar badan tetap bugar dan fit sepanjang hari. Salah satu cara yang bisa kita lakukan agar tetap fit adalah berolahraga. Namun olahraga saat puasa harus kita perhatikan dengan baik, jangan sampai olahraga tersebut justru membuat kondisi tubuh menjadi lebih buruk.
Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat puasa.

Jalan Santai

Jalan santai berkeliling kompleks rumah bisa kamu coba. Lakukan jalan santai selama 15 menit dengan kecepatan jalan yang bisa kamu sesuaikan sesuai kemampuanmu. Hindari jalan cepat karena bisa menyebabkan cedera sendi atau otot dan komplikasi seperti tekanan darah rendah, hipoglikemia, dan pusing.


Jogging

Jika kamu sudah terbiasa dengan olahraga lari, coba lakukan jogging pada sore hari selama 15 – 30 menit. Saat melakukan jogging yang harus kamu perhatikan adalah detak jantungmu. Pastikan agar tidak terlalu berdebar kencang, jika hal ini terjadi, berhentilah jogging atau kurangi durasi lari keesokan harinya.


Yoga

Yoga adalah salah satu jenis olahraga yang direkomendasikan, gerakannya mudah dilakukan dalam keadaan tenang dan perlahan. Selama puasa, lakukan gerakan stretching atau peregangan. Tubuh yang meregang bisa membantu meningkatkan fleksibilitas dan juga detoksifikasi. Hindari gerakan-gerakan yang justru memberatkan, seperti menagan beban tubuh.


Sepeda Santai

Saat puasa, coba lakukan olahraga bersededa. Tetapi kali ini ambil jarak yang lebih pendek untuk menghindari kekurangan carian pada tubuh karena persediannya sangat terbatas. Pastinya kamu tidak mau kan dehidrasi saat olahraga?


Yang pasti, sebelum berolahraga, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter pribadi atau ahlinya. Sesuaikan pula dengan kemampuanmu dan lakukan saat sore hari menjelang buka puasa agar terhindar dari dehidrasi.
Jika kamu punya rekomendasi olahraga saat puasa yang lain, kamu bisa merekomendasikannya kepada Sobat Tukeraja yang lain dengan menuliskan pada komentar di bawah ini.

Tukeraja

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar